Pasang Iklan

5 Kesalahan Fatal Saat Interview

Interview adalah salah satu tahapan untuk mendapat kerja. Tahap interview merupakan tahap yang tersulit bagi sebagai orang dalam memasuki dunia kerja. Ngomong-ngomong masalah Interview, ada beberapa hal yang harus kamu hindari.

Berikut 5 Kesalahan Fatal Saat Interview.

1. Tidak memperlihatkan ketertarikan

Perusahaan mana pun yang mengundang kamu wawancara tentu ingin calon karyawannya berminat untuk bekerja dengan mereka. Jika kamu tidak tertarik dengan perusahaan yang mengundangmu wawancara, tentu mereka juga tidak akan tertarik pada Kamu.

Anda perlu menunjukkan bahwa Anda berminat dan tertarik untuk bekerja pada perusahaan tersebut. Ketertarikan bisa Anda perlihatkan dengan melakukan beberapa tindakan seperti:

  • Datang tepat waktu
  • Berpakaian yang tepat
  • Mematikan ponsel selama wawancara

2. Tidak melakukan persiapan

Lakukan persiapan sebelum kamu datang menghadiri wawancara. Latihan tentunya akan membantumu untuk tampil lebih baik selama wawancara.

Latihan apa yang dimaksud? Seperti latihan menjawab pertanyaan Interview, artinya kamu harus membuat daftar pertanyaan dan jawaban terlebih dahulu agar nantinya tidak bingung dan ngeblank ketika ditanya.

3. Penampilan Seadanya

Dalam Interview itu tidak berlaku “Don’t judge the book by it’s cover”.
Perhatikan penampilanmu sebelum berangkat ke tempat Interview, mulai dari potongan rambut, aksesotris, pakai & celana, serta sepatu kesesuaian warna dan kerapihan.

4.  Tidak Mencari Tahu

Banyak para pelamar kerja yang datang ketempat Interview mereka bingung ketika ditanya informasi seputar perusahaan. Misalnya “Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan kami?”.

Salah menjawab ini tentunya akan berakibat fatal, artinya kamu sendiri tidak mengetahui latar perusahaan yang sedang kamu lamar. Kamu akan dianggap tidak punya inisiatif, bahkan bisa saja HRD menganggap kamu meremehkan perusahaan tersebut karena tidak peduli terhadap perusahaan yang memanggilmu untuk Interview.

5. Terlalu Fokus Pada Gaji

Hindari memikirkan gaji yang kamu terima di awal Interview. Tidak berarti kamu tidak boleh pilih-pilih ya, tapi fokuskan jawaban kamu pada Menjual Skill / Keahlian yang kamu punya untuk bekerja diperusahaan tersebut.

Jika kamu seorang Fresh Graduate atau baru memiliki pengalaman di posisi Entry level, HRD tidak suka pada pelamar yang hanya bekerja untuk uang. HRD menyukai pelemar yang berusaha membangun perusahaan dan fokus untuk mengembangkan karir.

Beda halnya jika kamu sudah berpengalaman dan memiliki jabatan pada posisi middle management, membahas uang bukan hal yang dilarang lagi.

Nah itulah 5 Kesalahan pada saat Interview, sebenernya masing banyak hal lagi yang perlu diperhatikan pada saat Interview. Next kita buat lagi kelanjutannya.

See you..