Pasang Iklan

Kamu Seorang Fresh Graduate? Yaudah Magang Aja

DISNAKERJA.com – Kamu seorang fresh graduate? Sudah nyebar CV kemana-mana, tapi gak ada panggilan? Jika kamu mengalami hal ini, mending magang aja dulu. Apa sih magang itu? Magang adalah bagian dari pelatihan kerja, biasanya magang dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir atau siswa SMK kelas 3 (PKL) sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan proses pendidikan.

Nah dari pengertian singkat diatas, dapat kita ambil maknanya adalah “Pelatihan Kerja”, magang tidak hanya diperuntungkan untuk Siswa atau Mahasiswa tingkat akhir saja, magang juga diperuntungkan untuk kamu yang baru selesai masa pendidikan atau yang biasa kita sebut seorang fresh graduate.

Daripada meratapi nasib dirumah berdiam diri menunggu panggilan kerja yang tidak pasti, lebih baik magang aja dulu. Dengan magang kamu akan mengetahui seluk-beluk dunia kerja, bagaimana caranya berorganisasi disebuah perusahaan, mengatasi masalah yang ada, bekerjasama dalam tim dan lain sebagainya. Tentunya kamu akan banyak mendapat pengalaman baru, ini sih yang mimin rasakan waktu magang dulu.

Lalu, apa sih benefit yang kamu dapatkan jika magang disebuah perusahaan? Mari kita bahas lebih detailnya.

1. Meningkatkan kualitas diri

Magang tidak sekedar pelatihan kerja, apalagi jika statusmu saat ini adalah sudah lulus masa pendidikan, sekolah/kuliah. Besar kemungkinan kamu akan mendapatkan job desk yang kurang lebih sama dengan pegawai tetap lainnya, meskipun dengan porsi yang berbeda. Nantinya hal ini akan memberikan nilai tambah, sebab dengan mengawali karir lewat magang, kamu dapat merasakan situasi dunia kerja, memahami alur pekerjaan dan memahami cara berkomunikasi di dunia pekerjaan. Hal ini tentu akan meningkatkan kualitas diri kamu sebagai seorang fresh graduate dan mempermudahmu dalam bekerja di kantor selanjutnya.

2. Menambah pengalaman kerja

Tidak jarang ketika melihat sebuah iklan lowongan kerja yang harus mensyaratkan memiliki pengalaman kerja, juga ketika proses interview HRD menanyakan tentang pengalaman kerjamu. Oleh karena itu, magang setelah lulus kuliah dapat menjadi alternatif untuk mengisi kolom pengalaman kerja di CV kamu. Meskipun statusmu bukan karyawan tetap, HRD akan mengapresiasi usahamu untuk belajar dan kamu dapat dipastikan sudah memahami seluk-beluk dunia kerja, khususnya dalam bidang yang kamu tekuni. Pernah magang, artinya kamu memiliki gambaran mengenai pekerjaan tersebut. Tentu hal ini akan memberikanmu nilai tambah untuk menjadi pertimbangan HRD ketika kamu melamar kerja.

3. Membantu kamu menentukan karir

Dengan magang, kamu bisa tahu jenjang karir disuatu posisi. Hal ini bisa jadi bahan pertimbangan dalam kamu menentukan karir-mu nanti kedepannya, gimana-gimana? Misalkan kamu ketika magang ditempatkan disuatu posisi yang mungkin itu adalah passion kamu, nah dengan magang kamu akan tahu seluk-beluknya jenjang karirnya seperti apa, dari posisi yang pernah kamu tempati ketika magang.

4. Membangun Networking

Manfaat lainnya yang kamu dapatkan jika mangang adalah menambah relasi. Dengan magang artinya kamu akan berkenalan dengan banyak orang disebuah perusahaan, termasuk dengan orang-orang yang memiliki jabatan lebih tinggi. Semakin luas pergaulanmu selama magang, besar pula kemungkinan untuk mendapat kesempatan mendapat pekerjaan lain bila rekan kerjamu mengetahui performa kamu bagus selama magang. Dengan kata lain, menjalin pertemanan dengan rekan kerja dapat membuka pintu rezeki yang mungkin saja tidak pernah terduga.

Nah itulah beberapa manfaat yang kamu dapatkan jika kamu magang setelah selesai masa pendidikan, baik sekolah maupun kuliah. Semoga bermanfaat.