Pasang Iklan

Kriteria Fresh Graduate Yang Dicari Perusahaan

DISNAKERJA.com – Saat ini semakin banyak perusahaan yang merekrut Fresh Graduate untuk mengisi beberapa posisi yang tersedia. Namun, karena minimnya pengalaman yang dimiliki oleh Fresh Graduate dibandingkan kandidat berpengalaman lainnya, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh Fresh Graduate jika ingin dilirik oleh perusahaan. Berikut beberapa kriterianya:


1. Mengetahui profil perusahaan

Saat proses interview, seorang kandidat pasti akan diuji pengetahuannya seputar posisi dan perusahaan yang dia lamar. Meskipun belum punya pengalaman kerja, kandidat dapat membuktikan keinginannya untuk bekerja lewat kemampuannya saat menjelaskan profil perusahaan yang dituju. Hal-hal sederhana yang kandidat ketahui tentang perusahaan merupakan bukti kalau kandidat antusias untuk bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

2. CV yang berkualitas

Tim rekrutmen perusahaan sangat menyukai kandidat yang memiliki CV yang menarik, bukan hanya dari segi tampilan namun juga isi dari CV tersebut. Isi CV tidak hanya nama dan status pendidikan, tetapi pengalaman organisasi sewaktu kuliah. Organisasi dan aktivitas yang diikuti saat kuliah menjadi bukti kalau kandidat merupakan orang yang aktif dan partisipatif di kampus. Orang yang aktif berorganisasi biasanya juga lebih kritis dan mampu menjadi problem solver yang sangat dibutuhkan saat ada masalah dalam pekerjaan.

3. Mudah Beradaptasi

Meskipun nantinya berstatus sebagai karyawan baru, bukan berarti Anda akan dibimbing terus-menerus dalam menyelesaikan tugas. Perusahaan mempunyai target yang harus dicapai sehingga tidak punya waktu untuk terus mengajari kandidat baru. Agar dapat berkontribusi dengan baik, Anda harus mampu beradaptasi dengan cepat. Mulai dari beradaptasi dengan pekerjaan, produsen, rekan kerja, hingga atasan agar terjadi satu kesatuan yang utuh dan bersinergi saat bekerja.

4. Easy going

Kandidat yang easy going sangat disenangi perusahaan karena tipe ini mudah diajak untuk bekerja sama. Orang yang punya sifat ini biasanya luwes, tidak kaku, dan mudah beradaptasi dengan hal-hal yang baru. Sifat ini bisa Anda perlihatkan saat proses wawancara kerja. Kalau kandidat punya sifat ini, peluang untuk diterima bekerja sangat besar karena sifat easy going lebih mudah beradaptasi dengan berbagai karakter orang di dunia kerja.

5. Mampu bekerja dalam tim

Kriteria kandidat Fresh Graduate lainnya yang disukai adalah mampu bekerja dalam tim. Penyelesaian tugas jauh lebih mudah jika diselesaikan bersama tim kerja. Dalam sebuah tim, perbedaan-perbedaan opini pasti akan muncul. Namun, kemampuan kandidat untuk menyatukan beragam opini lalu menyimpulkannya menjadi satu opini, itulah yang diinginkan perusahaan. Ataupun kemampuan untuk menjaga kerja sama tim sehingga dapat mencapai target tim dengan baik.

6. Nilai akademis yang bagus

Selain memiliki nilai softskill yang bagus, nilai akademik juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh perusahaan dalam memilih kandidat. Menyandang predikat Cum Laude saat lulus menjadi prestasi yang sangat membanggakan. Namun, bukan itu yang dicari perusahaan, melainkan seberapa mampu kandidat berkontribusi dalam mengelola pekerjaan yang diberikan kepadanya. Nilai akademis hanya syarat administrasi yang harus dipenuhi seorang kandidat saat melamar kerja. Sebab hanya kandidat yang memenuhi syarat administrasi yang dapat lanjut ke tahap selanjutnya.

7. Wawasan yang luas

Rajin dalam menyelesaikan pekerjaan saja tidak cukup, tapi juga harus memiliki wawasan yang luas. Wawasan ini menyangkut isu-isu yang sering terjadi dalam kehidupan, baik isu ekonomi, politik, budaya, maupun sosial yang ada kaitannya dengan kinerja perusahaan. Dengan wawasan yang luas, seorang kandidat dianggap mampu untuk memberikan ide-ide yang inovatif demi kemajuan operasional perusahaan di kemudian hari.

8. Motivasi kerja yang tinggi

Motivasi merupakan dorongan positif saat bekerja. Kandidat yang memiliki motivasi tinggi mampu mengerjakan tugas yang diberikan dengan cepat dan memuaskan. Dan sebaliknya, kandidat yang tidak me
miliki motivasi kerja akan bermalas-malasan saat bekerja. Motivasi kerja seharusnya timbul dari diri sendiri. Dengan target dan tujuan kerja yang jelas, kandidat mampu membangun motivasi dalam dirinya untuk menggapai apa yang sudah ditetapkannya.

Ditulis oleh: Annisa Junita (HR Recruitment Kalbe Nutritionals)