Pasang Iklan

Tips Lolos Medical Check Up (Tes Kesehatan)

Medical check up atau dikenal dengan tes kesehatan. Dalam proses penerimaan pegawai biasanya medical checkup dilaksanakan sebelum wawancara user atau dengan dewan direksi perusahaan dimana kita melamar kerja, apakah itu di Pertamina, Bank, BPJS, PLN, Astra, Polri, TNI maupun perusahaan atau lembaga lainnya.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang medical check up (tes kesehatan), perlu Kita ketahui fungsi, pengertian, serta tujuan mengapa banyak perusahaan mengadakan medical check up dalam proses penerimaan pegawai. secara umum medical check up (MCU) merupakan langkah pencegahan yang dilakukan perusahaan dalam proses penerimaan pegawai atau karyawan baru untuk mendapat karyawan yang sehat secara fisik dengan cara melakukan tes kesehatan secara menyeluruh terhadap para calon karyawan.

Menurut berbagai sumber banyak orang atau calon karyawan yang kecewa menerima hasil tes kesehatan kerja (medical check up) ini, karena setelah pengumuman tes kesehatan ia dinyatakan tidak lulus karena memiliki penyakit yang tidak bisa ditolerir. Sehingga perjuangannya untuk mendapatkan pekerjaan yang diharapkan berhenti ditahap medical check up ini.

Agar Kita lulus tes kesehatan atau medical check up, ada beberapa hal yang perlu Kita perhatikan. Berikut Tips adn Trik supaya bisa lolos tes kesehatan.

Tips Sebelum Medical Check Up (MCU)

Berikut tips dan persiapan yang dapat kita lakukan sebelum tes kesehatan (medical check up) dimulai agar kita dapat lulus dalam menghadapinya, diantaranya adalah:

Perbanyak minum air mineral

Para dokter sepakat bahwa Air dapat membantu mengeluarkan limbah dan racun berbahaya lainnya dari sistem limfatik, usus serta ginjal, sehingga terhindar dari rasa tidak nyaman atau gangguan masalah kesehatan lain. Manfaat lain membantu hati dan ginjal bekerja lebbih optimal karena mendapatkan cairan yang cukup.

Jangan lupa olah raga / sekedar lari pagi

Menurut berbagai sumber Lari pagi dapat membuat Kita terhindar dari kerusakan pada mata. Hal tersebut dapat terjadi seandainya kita melakukan lari pagi minimal 56 KM dalam 1 minggu atau 8 KM dalam sehari. Rutinitas ini akan dirasakan manfaatnya ketika umur kita menginjak usia 50 Tahun. Manfaat lainnya dari lari pagi adalah dapat membuat daya konsentrasi Kita semakin baik. Hal tersebut dikarenakan distribusi oksigen menuju otak menjadi semakin lancar.

Berhenti minum beralkohol dan merokok

Saya yakin Kita sudah tau banyak mengenai bahaya minum beralkohol dan merokok, namun bagi yang sudah terlanjur, saya sarankan untk segera berhenti dan rajin berolah raga serta minum susu fresh milk sebelum tidur atau setiap pagi hari dan rajinlah mengkonsumsi madu untuk menetralisir kandungan nikotin yang ada di paru paru kita.

Istirahat dan makan yang teratur

Ahli kesehatan berpendapat bahwa begadang bisa menghancurkan / merusak sel antibodi. Dengan begitu tubuh Kita akan kekurangan penangkal virus, yang berakibat akan sangat mudah terkena penyakit apapun. Selain istirahat yang teratur, kita juga diharuskan untuk mengkonsumsi makanan yang bergisi dan dengan pola makan teratur. Konsumsilah sayuran dan buah yang memiliki kandungan gizi tinggi sehhingga dapat menguatkan darah kita.

Hindari konsumsi obat-obatan

Usahakan tidak mengkonsumsi obat-obatan satu hari sebelum medical check up. Karena hal ini dapat mengakibatkan kita dianggap memakai zat adektif. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? karena banyak obat obatan yang memiliki kandungan zat adektif sehingga ketika larut dalam tubuh dan dilakukan tes kesehatan (tes urine) maka zat ini akan diketahui oleh petugas dan mengira Kita adalah pemakai narkoba.

Sekian Artikel tentang Tips Lolos Medical Check Up (Tes Kesehatan), semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi para pencari kerja dalam mempersiapkan diri agar lulus dalam tes kesehatan kerja (Medical Check Up).